15/06/2021

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Pembekalan Wawasan Kebangsaan Dapat Mengajarkan Pemahaman Tentang Pancasila Kepada Generasi Muda

Abepura – Staf teritorial korem 172/PWY berupaya secara berkesinambungan memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SMP dan SMA di sekolah binaan yang ada di wilayah Korem 172 /PWY.

Pemberian materi wasbang oleh Kasiter Korem 172/PWY kepada 271 orang siswa-siswi SMAN 1 Kota Jayapura, Selasa (26/9), adalah sebagai upaya memberi pengetahuan kebangsaan kepada pelajar sebagai generasi penerus bangsa, sehingga menanamkan pemahaman bagi pelajar Siswa SMAN 1 Kota Jayapura tentang Pancasila,  Essensi Pancasila maupun Makna yang terkandung serta harapannya agar dapat di amalkan dlm kehidupan berbangsa dan bernegara ke depannya. Selain itu, Mayor Inf J. Daniel Manalu, S.H., M.I.Pol didampingi oleh 4 orang anggota staf teritorial Korem 172 / PWY juga melaksanakan kegiatan nonton bersama film pemberontakan G 30 S/PKI bersama siswa SMAN 1 Kota Jayapura sebagai lanjutan penjabaran dari Wawasan Kebangsaan.

Bapak I Ketut Arianto selaku guru pendamping mengucapkan terimakasih banyak kepada Korem 172/PWY beserta anggota yang telah memberikan kegiatan ekstrakurikuler berupa materi wawasan kebangsaan dgn harapan memberi pemahaman kpd siswa maupun penanaman sikap yg terkandung dlm Pancasila, dimana kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan motifasi kepada para siswa-siswi SMAN 1 Jayapura untuk lebih menanamkan pola hidup yang lebih mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, karena saat ini masih banyak generasi muda kita yang kurang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pihak sekolah mengucapkan terima kasih atas kesempatan Nobar G 30 S/PKI bagi siswa, terkait menjadi pengetahuan bagi siswa bahwa bagaimana begitu harus mewaspadai bahaya laten komunis. Dalam nobar tersebut terlihat pada wajah siswa kengerian dan ketakutan melihat kekejaman PKI terhadap para pahlawan Revolusi.

Menurut Mayor Inf J. Daniel Manalu, S.H., M.I.Pol bahwa tujuan materi wawasan kebangsaan maupun Nobar G 30 S/PKI kepada para pelajar ini adalah untuk menjadikan generasi penerus bangsa sebagai manusia yang ber Pancasila dan untuk membentengi generasi muda dari pengaruh pihak-pihak provakator yang berusaha merongrong ideologi Pancasila.Serta memotivasi untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan agar dapat mengembangkan kreatifitas dan tanggung jawab, dapat menyuburkan sikap demokrasi dan penuh tenggang rasa disertai budi pekerti yang luhur serta mencintai bangsanya dan mencintai sesama manusia. Ungkap kasiter Korem 172 / PWY