26/11/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Jayawijaya Ikuti Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara

Wamena – Sebanyak kurang lebih 350 orang ibu-ibu dari Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Jayawijaya antara lain Persit Kodim 1702, Persit Yonif 756, Bhayangkari Polres Jayawijaya, dari tiap-tiap kerukunan suku, dari gereja-gereja, Dharma Wanita, guru-guru serta siswi-siswi SMP dan SMA Jayawijaya, hari ini (Selasa, 10/10) mengikuti kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara.

Kegiatan sosialisasi dipusatkan di Gedung Ukhumiarek Asso Wamena, turut hadir dalam sosialisasi tersebut Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia Ny. Linda Agum Gumelar, Ketua GOW Jaayawijaya Ny. Yustina Jhon Banua, Ketua Persit Koorcabrem 172 Ny. Diana Boni Pardede serta Ketua Persit Kodim 1702 Ny. Lia Lukas Sadipun. Untuk Nara Sumber adalah dr. Walta Gautama SPB (K) ONK, yang merupakan dokter spesialis tentang kanker payudara.

Dalam sosialisasi disampaikan tentang ” Deteksi dini kanker payudara, pendahuluan dan sejarah kanker payudara, perkembangan payudara normal, pengertian tentang kanker payudara, faktor resiko kanker payudara, gejala dan tanda kanker payudara, cara deteksi dini kanker payudara.

Di Indonesia, kanker payudara merupakan jenis kanker tertinggi pada pasien rawat inap maupun rawat jalan di seluruh rumah sakit dengan jumlah pasien sebanyak 21.014 orang (28,7%) menurut SIRS 2010. Kasus baru kanker payudara menjadi kasus kematian tertinggi di Indonesia dengan angka kematian 21,5% per 100 (data Kemenkes RI).

SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) merupakan salah satu cara untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pada payudara, dilakukan di rumah setiap bulan, bagi wanita yang masih haid pemeriksaan dilakukan setelah selesai haid. Bila sudah menopaouse, Sadari dilakukan setiap tanggal tertentu yang mudah diingat, misalnya setiap tanggal 1 atau setiap tanggal kelahiran.

Yang menjadi perhatian pada saat melakukan SADARI “Teraba benjolan, penebalan kulit, perubahan ukuran dan bentuk payudara, pengerutan kulit, keluar cairan dari puting susu, nyeri, pembengkakan lengan atas serta teraba benjolan di ketiak atau di leher.