28/09/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

KOMSOS ANTARA BABINSA DAN APPEM DALAM RANGKA PERERAT SINERGITAS DI WILAYAH BINAAN

Lanny Jaya~Komsos merupakan kemampuan mutlak yang harus dimiliki setiap prajurit TNI terutama Aparat Teritorial dalam hal ini Babinsa, karena bagian dari metode Binter selain Bakti TNI mapun Binwanwil.

Penajaman Binter melalui Komsos sangat efektif tanpa modal biaya, tetapi sangat berhasil/ampuh ciptakan tujuan Binter di wilayah Kodim 1702/Jayawijaya. Komsos merupakan metode pendekatan komunikasi disesuaikan dengan tipologi wilayah dan kearifan lokal *lambung rujak (menyelami, menghubungi, merayu dan mengajak) atau garuk tempat gatalnya (tepat sasaran)*.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa 06 Makki dpp Serma Boham melaksanakan Komsos dengan Appem setempat bertempat di Kantor Distrik Makki Kabupaten Lanny Jaya, (05/08/20.

Dikatakan Serma Boham Kegiatan Komunikasi Sosial bersama Appem ini merupakan kegiatan yang harus dan rutin dilaksanakan anggota koramil dalam upaya membangun, mensinergitaskan dan menciptakan suasana keakraban, serta untuk saling memberikan informasi tentang situasi keadaan yang mungkin terjadi disuatu wilayah baik kejadian itu berasal dari alam maupun Bangsit/kejadian yang timbul di tengah tengah warga, sehingga dapat diantisipasi secara cepat, tepat dan cermat.

Dengan seringnya Babinsa melakukan kegiatan komunikasi dengan Appem setempat sudah pasti akan memberikan efek positif berupa terjalinnya silahturrahmi dan ikatan emosional yang kuat, sehingga hal ini dapat membantu serta memperlancar pelaksanaan tugas seorang Apter/Babinsa di wilayah binaannya,”ucap Serma Boham.

Lebih lanjut Serma Boham mengatakan Babinsa merupakan kepanjangan tangan dan ujung tombak TNI AD, khususnya dalam melaksanakan rangkaian kegiatan pembinaan kewilayahan untuk menciptakan kodusifitas wilayah yang aman, nyaman dan tentram dalam kehidupan bermasyarakat. Serta untuk menunjang kegiatan pembinaan territorial terkait geografi, demografi dan kondisi sosial di wilaya teritorinya,” tutup Serma Boham.