23/01/2021

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

TINGKATKAN HUBUNGAN EMOSIONAL SATGAS PAMTAS RI-PNG YONIF RAIDER 100/PS MELAKSANAKAN ANJANGSANA DI KP BANDA

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif Raider 100/PS tepatnya di Pos Waris yang dipimpin langsung oleh Serda Haikal selaku Danru Pos Waris melaksanakan anjangsana di suatu tempat persinggahan Bapak Martinus (45) yang bertempat tinggal di Kampung Banda, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Senin (17/08/20).

Sementara itu Bapak Martinus yang dulunya sebagai pengurus koperasi juga memberikan informasi tentang masyarakat Papua Nugini yang sering turun untuk belanja dikampung Banda, dengan informasi tersebut personel satgas dapat memperhatikan situasi dan keadaan kampung Banda.

Disela-sela kegiatan, Dansatgas Yonif Raider 100/Prajurit Setia Mayor Inf Muhammad Zia Ulhaq menyampaikan, bahwa Satuan Tugas Yonif Raider 100/PS memiliki tugas pokok yaitu melaksanakan patroli pengamanan perbatasan antara dua Negara yaitu Negara Republik Indonesia dan Negara PNG dari kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan kedua Negara seperti illegal logging, illegal mining, illegal fishing dan pengerusakan patok perbatasan kedua Negara.

“Selain dari tugas pokok tersebut, Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS juga melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kecintaan dan kesejahteraan serta membangun karakter masyarakat di daerah perbatasan. Salah satu kegiatan pembinaan teritorial yang dilaksanakan yaitu anjangsana dengan para Toga, Tomas dan Toda setempat”, tambahnya.