10/05/2021

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Pos Tsinga Satgas Pamrahwan Yonif/756/WMS Gelar Acara Bakar Batu Bersama Masyarakat

Timika – Menyambut hari Natal 25 Desember 2020, Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS dibawah Kolakopsrem 174/ATW, Pos Tsinga bersama masyarakat Kampung Beanekogom Tsinga Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika melasanakan acara bakar batu sebagai bentuk ucapan rasa Syukur pada Tuhan atas Kesehatan dan hasil panen bagi masyarakat Kampung Beanekogom Tsinga, Kamis (24/12/2020).

Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea menyampaikan bahwa acara bakar batu juga merupakan salah satu bentuk kearifan lokal budaya masyarakat setempat.

“Kegiatan ini merupakan tradisi rutin yang dilakukan setiap tahunnya di Kampung Baenekogom Tsinga”, ungkap Dansatgas dihubungi melalui telpon selulernya.

Sementara itu Dan Pos Tsinga Letda Inf Riyanto mengatakan, pada tahun ini pos Tsinga berkesempatan untuk ikut terlibat secara langsung dalam kegiatan acara bakar batu bersama masyarakat kampung Beanekogom Tsinga.

“Disamping sebagai aparat keamanan yang bertugas memberikan dan menjamin rasa aman pada masyarakat, kami juga turut serta terlibat secara langsung bergotong royong bersama masyarakat mulai dari menyiapkan tempat di lapangan helypad Tsinga, mengambil bahan-bahan yang akan digunakan untuk acara bakar batu berupa pengambilan batu di sungai, kayu serta daun-daun di hutan sampai pada pelaksanaan kegiatan hingga selesainya”, terangnya.

Sementara itu, untuk bahan-bahan yang akan dimasak dalam acara bakar batu antara lain,
1. Babi lima ekor
2. Betatas lima noken
3. Jagung tiga noken
4. Keladi lima noken
5. Sayuran lima noken

Pada kesempatan acara bakar batu kali ini, pos Tsinga satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS melalui Danpos Letda Inf Riyanto memberikan bantuan sumbangan berupa pakaian pada masyarakat kampung Beanekogom Tsinga yang bertuliskan NKRI HARGA MATI,Tulisan tersebut mengandung makna untuk menumbuhkan rasa cinta dan rela Berkorban pada Tanah Air Indonesia serta mau dengan Ikhlas menjaga Kedaulatan Negara Indonesia.

Kepala Suku Kampung Baenekogom Bpk Yoab Beanal (65 thn) mewakili seluruh masyarakat Kampung Beanekogom Tsinga memberikan Apresiasi dan berterima kasih pada Pos Tsinga Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS karena dengan cepat dapat beradaptasi dan berbaur dengan masyarakat serta selalu membatu masyarakat dalam hal kegiatan yang positif

“Sungguh Luar biasa untuk pos Tsinga Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Semoga dimanapun berada Selalu dalam lindungan Tuhan.” harapnya.