10/05/2021

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

“PRAJURIT KODIM 1702 JAYAWIJAYA, IKUT APEL GELAR PASUKAN OPERASI LILIN MATOA DALAM RANGKA SAMBUT NATAL DAN TAHUN BARU”

Wamena~ Bertempat di Mapolres Jayawijaya telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Matoa Tahun 2020 Polres Jayawijaya dengan Tema “Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Ditengan Pandemi Covid19, Apel dipimpin AKBP Dominggus Rumaropen, S.Sos,MM (Kapolres Jayawijaya), diikuti -+250 personil

Tamu undangan yang hadir antara lain: Mayor Inf Rony Chandra, S.Pd (Kasdim 1702/Jayawijaya), Kompol RL Tahapari (Kabagops Polres Jayawijaya), Kapten Inf Zurilham (Wadanyonif 756/WMS), Lettu Cpm Purba (Dansubdenpom XII-B/Wamena), Perwira TNI/Polri, personel Kodim 1702/Jayawijaya dan Yonif 756/WMS.

Diawali Penghormatan, Laporan dan Pemeriksaan Pasukan. Dilanjutkan penyematan Tanda Peserta Ops Lilin Matoa tahun 2020.

Adapun amanat Kapolri yang dibacakan oleh Inspektur Apel AKBP Dominggus Rumaropen, S.Sos,MM (Kapolres Jayawijaya), mengatakan Dalam rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman kepada Masyarakat Pada Perayaaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Ditengan Pandemi Covid19 ini TNI dan Polri dituntut untuk selalu bersinergi dan berkoordinasi agar dalam pelaksanaan tugas dilapangan berjalan baik dan lancar.

TNI/Polri dan Instansi terkait berperan penting untuk memberikan rasa aman di wilayah teritorinya baik itu di tempat keramian/saran umum lainnya,” ucap Kapolres.

Rencana kami dari pihak kepolisian akan melaksanakan Ops Lilin selama 15 hari (21 Desember 2020-05 Januari 2021), kegiatan ini dilakukan guna mencegah Gangguan Kamtibmas. Kami juga bersama TNI akan melakukan patroli gabungan dalam rangka sosialisasi kepada warga guna mencegah dan memutus peyebaran Covid 19.

Pasukan yang disiapkan Polri dalam Ops Lilin Matoa tahun ini sebanyak -+83.917 personil kepolisian, -+15.840 TNI dan ASN 55.806. Ini disiapkan Berdasarkan maping kerawawan/ancaman.

Adapun ancaman yang harus diantisipasi antara lain Terorisme, Radikalisme, sabotase, Miras, Narkoba, Aksi Krinimalitas (Curanmor, Curas, Tawuran) serta Bencana Alam,” pungkas AKBP Dominggus.

Diakhir sambutannya Kapolres berpesan Sekecil apapun pekerjaan yang diberikan kepada mu akan menjadi sejarah dan catatan bagi keluargamu, laksanakan setiap pekerjaan dengan ikhlas dan penuh semangat maka akan mendapatkan perlidungan dalam pelaksanaan tugas tersebut. Perhatian faktor keamanan baik personil maupun materiil.

Lakukan setiap pekerjaan secara Profeisional, Humanis dan selalu body sistem, mantapkan Sinergitas dan Soliditas dengan pihak manapun. Tetaplah menjadi teladan dalam mencegah penyebaran Covid 19 melalui 3M,” pesan Kapolres.

Dalam kesempatan itu juga Kasdim memberikan penekanan kepada personel Kodim 1702 Jayawijaya, agar jaga faktor keamanan jangan bertindak sendiri sendiri tanpa ada perintah dari pimpinan. Apabila ada kendala dilapangan lakukan pelaporan secara hirarki dan lakukan pendekatan secara Humanis sesuai metode Binter yang biasa diterapkan oleh seorang Aparat Teritorial kepada warga binaannya,” tegas Mayor Roni.