15/06/2021

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

SINERGITAS BABINSA DENGAN BABINKAMTIBMAS LAKSANAKAN ANJANGSANA DENGAN PETANI DIWILAYAH

Jayapura – Babinsa Koramil 1701-14/Kemtuk Gresi Sertu Slamet Robiantoro bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kemtuk Gresi Aipda Krisbiantoro, telah melaksanakan anjangsana di lokasi kebun milik Bapak Seblon Yaku kampung Swentab distrik Kemtuk Gresi. Kegiatan tersebut adalah dalam rangka monitoring kegiatan kelompok pertanian di wilayah binaan.

Dalam kegiatan ini Babinsa dan Bhabinkamtibmas mendatangi warga tani untuk melihat dari dekat lahan pertanian dan aktivitas warga tani. Selain untuk saling bertukar pengalaman dan informasi, kegiatan Komsos ini juga untuk menggugah kesadaran warga tani agar tercipta kesamaan persepsi, sehingga dalam pelaksanaan tugas kedepan akan mempermudah aparat Kowil dalam upaya pencarian dan pertukaran informasi di wilayah binaan.

Pada kesempatan ini Babinsa dan Bhabinkamtibmas meninjau lokasi kebun Bapak Seblon Yaku seluas 1 hektar yang ditanami Padi ladang, Kacang tanah, Kangkung cabut dan Cabe. Tanaman di lahan ini dapat tumbuh subur pada ketinggian 93 mdpl tanpa tambahan pupuk dan pestisida.

Bapak Seblon Yaku saat ini telah memanen hasil kebunnya untuk dijual melalui pesanan kerabat, dan sebagian dijual ke pasar Sentani. Beliau juga bersama keluarga membagi waktunya untuk memanen hasil kebun, mulai membersihkan lahan yang akan ditanami, serta membawa hasil kebun ke pasar.

Melalui Komsos ini Babinsa menyampaikan saran kepada Bapak Seblon bahwa untuk tanaman sayurannya sebaiknya disisakan lahan untuk bisa ditanami setiap bulannya. Tujuannya adalah ketika sayuran ditanam setiap bulan, maka pada waktu panen dapat dijual setiap bulannya pula, tapi tergantung juga dari lahan yang akan disiapkan.
,”Kalau Bapak Seblon ini mau dapat hasil panen setiap bulan, berarti setiap bulannya harus menanam pak; karena kalau menanamnya setiap bulan, maka panennya bisa setiap bulan juga pak,” jelas Babinsa.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas juga menyampaikan cara tradisional merawat tanaman cabe/rica dari gangguan hama.

Bapak Seblon Yaku bersama istrinya mengucapkan terima kasih atas kedatangan serta perhatian oleh aparat keamanan dalam membina warga tani. Beliau berharap kegiatan seperti ini akan tetap dilanjutkan untuk saling tukar pendapat, memberi saran yang baik dalam hal usaha pertanian masyarakat demi kemajuan warga kampung.