03/08/2021

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

KENALI, DATANGI, LAYANI

BABINSA DAN BHABINKAMTIBMAS TERUS BERSINERGI AJAK MASYARAKAT DISIPLIN TERAPKAN PROKES

Jayapura – Babinsa Koramil 1701-14/Kemtuk Gresi Sertu Slamet Robiantoro bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kemtuk Gresi Aipda Krisbiantoro melalui kegiatan Posko Tangguh Papeda distrik Kemtuk Gresi melaksanakan kegiatan PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ) Tangguh skala mikro bidang Kesehatan. Hal tersebut terus dilakukan Apkowil dengan melaksanakan sosialisasi dan monitoring kepatuhan disiplin warga terhadap aturan prokes Covid 19 seperti yang dilakukan Apkowil di kediaman tokoh masyarakat Bpk Yohanis Nasatekay kelurahan Hatib distrik Kemtuk Gresi, Kamis (17/06/2021).

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk melaksanakan 4 komponen kegiatan PPKM bidang kesehatan melalui Posko Kampung Tangguh Papeda. Diantara 4 komponen utama kegiatan PPKM di Posko Kampung Tangguh Papeda adalah :
1. Tangguh Pangan ( ketahanan pangan )
2. Tangguh Kesehatan
3. Tangguh Ekonomi;dan
4. Tangguh Keamanan

Pada kegiatan sosialisasi tersebut Apkowil menyampaikan informasi bahwasanya ancaman penyebaran Covid 19 yang saat ini terjadi di Pulau Jawa seperti di kota Bangkalan Jatim dan Kudus Jateng menjadi fokus pemerintah bagi seluruh wilayah. Masyarakat seharusnya tahu betul bahwa penyebaran dan penanganan Covid 19 bukanlah hal yang main-main, karena kasus di Bangkalan dan Kudus angka kematiannya sangat tinggi.

Bagi wilayah lain seperti halnya di Kab Jayapura distrik Kemtuk Gresi walaupun tergolong aman pada zona hijau Covid, namun pola perilaku warga terlihat sudah mengabaikan protokol kesehatan Covid 19. Padahal diketahui bahwa Covid 19 masih terus menjadi ancaman seluruh masyarakat di negeri ini seperti yang terjadi pada daerah pulau Jawa.

” Pada awalnya saja waktu dimulainya kegiatan lock down dan sebagainya, masyarakat mau disiplin melaksanakan 3M, tapi setelah berlalu hingga sekarang masyarakat sudah mengabaikan aturan prokes. Padahal ini adalah untuk kepentingan kita bersama, agar tetap terjaga dari penyebaran Covid 19 ,” ucap Babinsa kepada pak RT.

” Ini juga yang menjadi pendorong kami melalui Posko Kampung Tangguh Papeda untuk terus mensosialisasikan pemahaman tentang Covid 19, agar warga kampung memiliki kesadaran mentaati aturan prokes supaya membantu warga tercegah dari tertularnya penyakit Covid 19 ,” jelas Bhabinkamtibmas.

Diharapkan informasi dan pengawasan aparat keamanan Babinsa dan Bhabinkamtibmas maupun instansi terkait secara terus menerus akan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran warga masyarakat untuk tetap patuh terhadap aturan Protokol Kesehatan Covid 19. Dengan terus memberi himbuan kepada warga masyarakat binaan untuk tetap mematuhi Protokol kesehatan dengan membiasakan Memakai Masker bila keluar rumah atau berkerumun, Selalu Cuci Tangan,Tetap Menjaga Jarak dan Menjaga Pola Hidup Sehat, diharapkan masyarakat akan dapat tercegah dari Covid 19.

Diakhir kegiatan seperti biasa Babinsa dan Bhabinkamtibmas menyerahkan bahan kontak Sembako sebagai wujud persaudaraan dari aparat TNI Polri.