15/06/2021

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

BABINSA LAKSANAKAN KEGIATAN PENDAMPINGAN PPKM MIKRO KAMPUNG TANGGUH

Jayapura – Babinsa Koramil 1701-14/Kemtuk Gresi Sertu Slamet Robiantoro bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kemtuk Gresi Aipda Krisbiantoro melaksanakan monitoring PPKM Kampung Tangguh Mikro bidang Ketahanan Pangan. Kegiatan dilaksanakan dengan mendatangi warga tani di pondok lokasi kebun milik Bapak Seblon Yaku kampung Swentab distrik Kemtuk Gresi, Jumat (11/06/2021).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk melaksanakan tugas pengawalan dan pendampingan melalui Posko Kampung Tangguh Papeda dalam hal membantu menggerakkan dan memotivasi Petani untuk melaksanakan tanam serempak. Selain itu kegiatan ini juga untuk melaksanakan pengawasan kelompok Pertanian di kampung Swentab melalui PPKM Mikro Kampung Tangguh dan melaporkan hasil pengawalan di lapangan.

Akhir-akhir ini perubahan musim dan iklim yang tidak menentu di wilayah sangat merugikan dan menyulitkan bagi para Petani, sehingga dibutuhkan cara tanam yang tepat, yaitu tepat waktu, tepat varietas dan tepat pupuk. Perubahan iklim secara langsung berpengaruh terhadap perubahan waktu tanam, yang sering sulit diprediksi secara tepat – padahal waktu tanam yang tepat merupakan faktor kunci yang akan menghindarkan tanaman dari kekurangan/kelebihan air, serta resiko kerusakan oleh organisme pengganggu tanaman.

Untuk itu Babinsa menyampaikan kepada Bapak Seblon Yaku bahwa perubahan cuaca ke musim hujan ini hendaknya Bapak Seblon mulai menanam bibit baru di lahan miliknya. Jangan menunggu sampai musim hujan nanti lewat dengan tidak menyiapkan tanaman apa-apa. “Ketika musim hujan nanti, tanaman akan cepat tumbuh dengan baik, pak. Tanaman akan cepat tumbuh dan tidak mudah layu,” jelas Babinsa.

Bapak Seblon mejelaskan bahwa selama kegiatan bercocok tanam di lahannya, biasanya beliau menunggu musim hujan tiba untuk menanam. ,”Di Papua ini pak, kadang musim hujan tidak menentu. Curah hujan kadang banyak, sehingga kadang ada waktu musim hujan tidak lama disusul musim panas yang tidak menentu,” ucap Bapak Seblon Yaku.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas juga memberikan motivasi bahwa dalam pelaksanan kegiatan pertaniannya, Bapak Seblon agar melaksanakan koordinasi dengan PPL wilayah Kemtuk Gresi sebagai mitra kelompok pertanian. Diharapkan melalui kegiatan pendampingan dari aparat dan PPL dapat memberi motivasi kepada kelompok tani di wilayah dalam meningkatkan hasil pertaniannya.

Bapak Seblon Yaku bersama rekan tani kampung Swentab Bapak Librek Beno mengucapkan terima kasih atas kedatangan serta perhatian oleh aparat keamanan dalam membina warga tani. Beliau berharap kegiatan seperti ini akan tetap dilanjutkan untuk saling tukar pendapat, memberi saran yang baik dalam hal usaha pertanian masyarakat.