25/10/2021

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

KENALI, DATANGI, LAYANI

PENGUMPULAN DATA TERITORIAL BERSAMA KELOMPOK TANI DISTRIK KEMTUK GRESI

Jayapura – Dengan semangat dan Dedikasi yang tinggi Babinsa Koramil 1701-14/Kemtuk Gresi Sertu Slamet Robiantoro melaksanakan kegiatan anjangsana kepada kelompok Tani Tgwob.Min yang berada Kampung Swentab Distrik Kemtuk Gresi Kabupaten Jayapura, Rabu, (8/09/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Pengumpulan Data Teritorial (Puldatater) untuk menindaklanjuti perintah melaksanakan pendataan di berbagai bidang, diantaranya yaitu Bidang Pembinaan Logistik Wilayah (Bin Log Wil) Sumber Daya Alam (Hasil Pertanian Padi).

Dalam kegiatan ini Babinsa mengatakan, Kegiatan Pengumpulan Data Terirorial (Puldater) dilaksanakan di kampung Swentab karena wilayah Distrik Kemtuk hanya di lahan ini dan di Gresi Selatan yang terdapat pertanian dengan komoditas Padi. Hal ini sesuai dengan informasi yang di dapat dari Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) Wilayah Kampung Swentab Bapak Musidi,S.Pt yang ditemui aparat Babinsa tengah mendampingi kelompok Tgwob.Min yang mana sedang laksanakan istirahat di sela-sela kegiatan.

“Babinsa menambahkan bahwa Pengumpulan Data Teritorial (Puldatater) ini juga akan dilaksanakan pada bidang lain seperti pada bidang Perikanan, Pertanian dan Perkebunan. Kegiatan Ini dilakukan di seluruh jajaran Kodim 1701/Jayapura untuk dilaporkan kembali sesuai permintaan Komando Atas, Karena tugas ini menyangkut data maka kami aparat harus sebisa mungkin datang ke lokasi dan meninjau secara langsung agar data yang kami laporkan bisa sesuai dengan apa yang ada di lapangan,” Ucap Babinsa.

Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) Wilayah Kampung Swentab Bapak Musidi,S.Pt menyampaikan luas lahan yang ada adalah 13 Ha. Adapun lahan yang telah ditanami seluas 3,75 Ha dengan hasil gabah kering panen mencapai 3 Ton/Ha. Lahan pertanian tersebut digarap oleh kelompok tani Tgwob.Min sebanyak 15 orang yang diketuai oleh Bapak Nikanor Beno, dengan jarak tempuh ke pusat kota sekitar 52 Km.

“Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) Bapak Musidi,S.Pt mengucapkan terima kasih atas kedatangan aparat dalam kegiatan pengumpulan data ini. Harapannya agar para Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah selalu bersama-sama dengan warga terutama dalam kegiatan pertanian masyarakat seperti ini. Semoga dengan kegiatan Pengumpulan Data Teritorial (Puldatater) ini akan sesuai dengan permintaan pimpinan, sehingga dapat diketahui kegiatan pertanian masyarakat khususnya kegiatan pertanian Padi yang berada diwilayah Distrik Kemtuk Gresi,” Jelas Musidi,S.Pt.